JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI
Vol 12, No 2 (2016): MOTIVASI

EfektivitasPembelajaran Media E-Learning Berbasis Web Dan KonvensionalTerhadap Tingkat KeberhasilanBelajarMahasiswa (StudiKasusMahasiswa Program StudiManajemenFakultasEkonomiUniversitasMuhammadiyah Pontianak

Supriadi, Fenni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran E-Learning berbasis web pada matakuliah e-commerce terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak. Metodepenelitian yang digunakan adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah Mahasiswa yang mengambil matakuliah e-commerce pada Program Studi Manajemen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas media pembelajaran E-Learning berbasis web dan media pembelajaran konvensional berdasarkan hasil belajarnya. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa tingkat efektivitas pembelajaran media e-learning berbasis web terhadap tingkat keberhasilan belajar mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak yang mengikuti perkuliahan e-commerce di kelas eksperimen lebih tinggi di bandingkan di kelas kontrol yang menggunakan media pembelajarankonvensional (84,04 > 74,28) Kata kunci : Media pembelajaran, E-Learning, Konvensional, Hasil belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jm_motivasi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Motivasi (JMM) adalah Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Juni dan Oktober) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang ilmu manajemen ...