JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
Vol 2, No 2 (2006): Jurnal Pendidikan Khusus

Model Layanan Pendidikan untuk Anak Berkesulitan Belajar

Suparno, Suparno (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2012

Abstract

Banyak masalah yang dihadapi guru di sekolah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Salah satu permasalahan yang sering kali terjadi adalah berkaitan dengan kondisi raw-input atau siswa yang dalam konteks ini adalah anak-anak yang mengaami kesulitan belajar (ABB). Kajian ini dibuat dengan maksud untuk memberikan jawaban atas permasalahan yang dihadapi guru dan seringkali muncul di sekolah, yaitu model layanan pendidikan untuk anak-anak kesulitan belajar.Kesulitan belajar adalah suatu kondisi dimana kompetensi atau prestasi yang dicapai tidak sesuai dengan kriteria stsndar yang telah ditetapkan. Kondisi yang demikian umumnya disebabkan oleh faktor biologis/fisiologis, terutama berkenaan dengan kelainan fungsi otak dan lazim disebut sebagai kesulitan belajar spesifik, serta faktor psikologis, yaitu kesulitan belajar yang berkenaan dengan rendahnya motivasi dan minat belajar siswa.Anak-anak yang mengalami kesulitan belajar, baik secara umum ataupun khusus memerlukan pelayanan khusus dalam proses pembelajarannya di sekolah. Mereka membutuhkan bimbingan dan program yang sesuai dengan kebutuhan belajarnya. Bimbingan khusus akan sangat membantu dalam penyelesaian permasalahan belajar siswa yang disebabkan oleh faktor psikologis. sedangkan anak-anak dengan kesulitan belajar spesifik membutuhkan program khusus yang berupa remidi dan program pembelajaran individual

Copyrights © 2006






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The ...