Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 4, No 1 (2017): TERAMPIL

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKANALAT PERAGA JAM SUDUT PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 SUNUR SUMATERA SELATAN


IFRIANTI, SYOFNIDAH, PUTRI, ARISKA DESTIA



Article Info

Publish Date
27 Sep 2017

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 2 sunur.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan alat peraga jam sudut. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 2 Sunur. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus.Alat pengumpulan data menggunakan lembar obsevasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada siklus I sampai siklus II dalam proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga jam sudut. Pada Siklus  I  pertemuan I rata-rata hasil belajar sebesar 63,81. Peserta didik yang mencapai ketuntasan sejumlah 9 peserta didik dengan persentase 42,86%. Pada Siklus I pertemuan II rata-rata hasil belajar sebesar 67,14 dengan persentase ketuntasan 52,38%. Siklus II Pertemuan I rata-rata hasil belajar sebesar 72,86 dengan persentase ketuntasan sebesar 80,95%,Pada siklus II pertemuan II rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 78,57, peserta didik yang mencapai ketuntasan 19 peserta didik atau 90.48%. Hal tersebut dapat di simpulkan bahwa alat peraga jam sudut dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 2 Sunur. Kata kunci:Alat peraga, hasil belajar,jam sudut,matematika.


Copyrights © 2017






Download : Full PDF (381.647 KB)
Original Source : http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1810
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

TERAMPIL

Publisher

Subject

Education

Description

TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics ...