Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 2 No 5 (2018)

Sistem Informasi Geografis Rekomendasi Partisipasi Publik Ruang Terbuka Hijau Berbasis Android Mobile (Studi Kasus : Kota Malang)

Akbar, Roudhotul Ridho (Unknown)
Ramdani, Fatwa (Unknown)
Pinandito, Aryo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2017

Abstract

Ruang Terbuka Hijau (RTH) adalah ruang-ruang dalam kota atau wilayah yang lebih luas baik dalam bentuk area/kawasan maupun dalam bentuk area memanjangi jalur yang lebih memberikan manfaat ekologi, sosial, budaya, ekonomi dan estetika kepada lingkungan perkotaan. Menurut Dewan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Timur pada tahun 2016, RTH di Kota Malang hanya mencapai 2% dari wilayah Kota Malang. saat ini banyak warga yang sudah menuntut partisipasi yang lebih besar dalam membentuk keputusan kebijakan publik yang mempengaruhi Pemerintah. Masyarakat Kota Malang juga kesulitan dalam mencari RTH di Kota Malang, hanya 3,6%nya saja RTH yang diketahui di Kota Malang. Sistem Informasi Geografis Rekomendasi Partisipasi Publik Ruang Terbuka Hijau merupakan salah satu terobosan bagi masyarakat untuk ikut andil dalam partisipasi memberikan rekomendasi RTH di Kota Malang. Dengan memanfaatkan teknologi LBS (Location Based Service) dan Geotagging pada device Android memungkinkan masyarakat dengan leluasa memberikan rekomendasi RTH yang diinginkan masyarakat. Sistem informasi ini juga membantu masyarakat dalam mempermudah menemukan RTH di Kota Malang. Sehingga pemerintah lebih dipermudah dalam menentukan pembangunan RTH di Kota Malang, dan RTH di Kota Malang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...