Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2017)

Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe teams games tournament (tgt) pada pokok bahasan peluang sebagai upaya meningkatkan prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas x mia 2 sma negeri 1 sedayu

Nurmahmidah, Nurmahmidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam upaya meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa yang mencakup aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Sedayu. (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Sedayu melalui model kooperatif tipe Teams Games Tpurnament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru. Subjek penelitiannya adalah 32 siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Sedayu. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes tertulis berupa kuis dan evaluasi. Data yang terkumpul dianalisis deskriptif sederhana. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, motivasi belajar siswa mempunyai prosentase 58,06% dan rata-rata nilai hasil tes belajar siswa 64, 77 dengan ketuntasan klasikal 42, 59%. Pada siklus I setelah dilaksanaakn tindakan, motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 67,47% dan rata-rata nilai hasil belajar siswa 80,87 dengan ketuntasan klasikal 51,61%. Sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 71,67% dan rata-rata nilai hasil tes belajar siswa adalah 88,03 dengan ketuntasan klasikal 87,09%. Selain itu, dari hasil wawancara diperoleh keterangan bahwa secara umum siswa termotivasi dalam belajar. Berdasarkan data hasil angket motivasi belajar, hasil tes belajar, dan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa prestasi dan motivasi belajar siswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif  tipe TGT, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar.           

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mercumatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...