Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN)
Vol 5, No 2 (2017)

Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Tulang Penyusun Rangka Tubuh Manusia

Akmal, Khairul (Unknown)
Priyanto, Heri (Unknown)
Nasution, Helfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2017

Abstract

Anatomi manusia merupakan materi pelajaran biologi yang salah satunya membahas struktur penyusun rangka tubuh manusia. Selama ini siswa mempelajarinya hanya melalui buku sehingga memberikan efek jenuh serta mengurangi ketertarikan. Untuk menambah minat belajar dibutuhkan suatu media pembelajaran alternatif. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun aplikasi pembelajaran tulang penyusun rangka tubuh manusia, sehingga dapat menambah ketertarikan siswa untuk belajar. Metode pengembangan aplikasi menggunakan waterfall model dengan beberapa tahapan yang akan dilakukan meliputi: studi literatur, analisis kebutuhan, pembuatan 3D, perancangan sistem, implementasi, pengujian sistem, analisis hasil pengujian dan penarikan kesimpulan. Alat perancangan dalam penelitian ini menggunakan Unified Modeling Language dan pengujian penelitian menggunakan  Blackbox dan Kuesioner. Dari pengujian kusioner didapati hasil berdasarkan aspek fungsional yaitu 20% sangat baik, 55% baik dan 25% cukup baik. Berdasarkan aspek visual yaitu 35.71% sangat baik, 48.57% baik, 15.71% cukup baik. Berdasarkan aspek audio yaitu 10% sangat baik, 50% baik dan 40% cukup baik. Berdasarkan pengoperasian yaitu 46.66% sangat baik, 46.66% baik dan 6.66% cukup baik. Hasil perhitungan pengujian menggunakan skala Likert’s Summated Rating (LSR) memiliki skor 579  berada pada range sangat positif menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran tulang penyusun rangka tubuh manusia dapat menambah daya tarik siswa untuk belajar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

justin

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN) merupakan jurnal elektronik yang dikelola oleh Prodi Informatika Untan untuk mempublikasikan hasil-hasilhasil penelitian dan pemikiran kalangan akademisi, peneliti dan praktisi bidang informatika dan Komputer. Jurnal diterbitkan empat kali dalam setahun ...