Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN)
Vol 4, No 2 (2016)

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI VIRTUAL PRIVATE NETWORK DENGAN PROTOKOL PPTP PADA CISCO ROUTER 2901 (STUDI KASUS PRODI TEKNIK INFORMATIKA UNTAN)

Setiawan, Ade (Unknown)
Priyanto, Heri (Unknown)
Irwansyah, M Azhar (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2016

Abstract

Abstrak— Program Studi (Prodi) Teknik Informatika merupakan salah satu Prodi di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura yang mendapat akses jaringan internet dari Pusat Komunikasi (Puskom) Universitas Tanjungpura. Jaringan internet yang diimplementasikan di Prodi Teknik Informatika ini, sebagian besar sudah dimanajemen dengan baik, seperti manajemen bandwidth, manajemen user, dan kontrol sistem. Namun remote akses dan control belum ke jaringan teknik informatika belum bias diakses melalui jaringan publik, misalnya untuk Asisten Laboratoriun (Aslab) untuk melakukan remote saat tidak berada dikampus. Demi mengatasi masalah tersebut, diperlukan Virtual Private Network (VPN) dengan router cisco 2901 untuk memberikan solusi melalui protokol PPTP. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Fleksibilitas jaringan VPN yang dibangun diuji dengan 5 macam provider internet yakni Tri, XL, Indosat, Telkomsel dan Indihome. Hasil yang didapat bahwa 5 macam provider tersebut client VPN dapat terkoneksi ke jaringan VPN router. (2) Pengukuran Quality of Service (QoS) VPN dengan menggunakan 3 parameter yakni packet loss, round trip dan transfer file didapat nilai rata-rata packet loss dari kelima macam provider sebesar 11%. Hasil untuk parameter round trip didapat nilai rata-rata waktu tempuh diantara kelima macam provider yakni 180.4ms dengan Min.waktu atau waktu tercepat yang ditempuh yakni 46ms dan Max.waktu atau waktu terlama yang ditempuh yakni 1659ms. Hasil untuk parameter transfer file kecepatan rata-rata dari kelima macam provider sebesar 344.4KBps dengan waktu transfer tercepat yakni 889milidetik dan terlama 1 menit 32 detik 743 milidetik. (3) Keamanan tunnel yang diukur menujukkan hasil yang baik yakni dengan terenkapsulasinya data melalui protokol PPTP serta koneksi PPP ketika terhubung ke VPN. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

justin

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN) merupakan jurnal elektronik yang dikelola oleh Prodi Informatika Untan untuk mempublikasikan hasil-hasilhasil penelitian dan pemikiran kalangan akademisi, peneliti dan praktisi bidang informatika dan Komputer. Jurnal diterbitkan empat kali dalam setahun ...