LINGUA FRANCA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 1, No 2 (2017)

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI PARAGRAF


Wahyuningsih, Sri



Article Info

Publish Date
06 May 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan memahami paragraf, (2) mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan memahami paragraf,  dan (3) mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran tipe Jigsaw dan motivasi belajar terhadap kemampuan memahami paragraf. Desain/rancangan dalam penelitian ini menggunakan metode Eksperimen. Populasi dari penelitian ini sejumlah 152 siswa dan sampelnya sejumlah 30 siswa yang pengambilannya dengan menggunakan teknik Classter sampling. Untuk memperoleh data, digunakan instrument tes untuk mendapatkan data hasil belajar dan angket untuk mendapatkan data motivasi belajar. Selanjutnya untuk menganalisis data guna menguji hipotesis digunakan rumus Uji t (ttest). Hasil pengolahan data untuk pengujian hoptesis, dapat dipaparkan bahwa (1) ttest (4.366) > ttabel (2,048) dan berdasarkan taraf signifikansi 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima, (2) ttest (2,088) > ttabel (2,048) dan berdasarkan taraf signifikansi 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima dan (3) (4.665) > ttabel (2,048) dan berdasarkan taraf signifikansi 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan memahami paragraf, ada pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan memahami paragraf, dan ada pengaruh metode pembelajaran tipe Jigsaw dengan motivasi belajar terhadap kemampuan memahami paragraf


Copyrights © 2017






Download : Full PDF (797.801 KB)
Original Source : http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/lingua/article/view/563
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

lingua

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Lingua Franca merupakan media informasi dan penyebarluasan artikel hasil penelitian maupun konseptual dengan bidang garapan yang berhubungan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya. Jurnal ini diterbitkan setahun dua kali, yaitu pada Februari dan Agustus. Jurnal ini terdaftar dengan P-ISSN ...