JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH
Vol 1, No 2 (2016): JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMAN BUKITTINGGI

Khairani, Majidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif investigasi. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dan berbentuk ”Randomized Control Group Only Design”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X5 dan kelas X2 SMAN 2 Bukittinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah dikelas eksperimen 78 dan kelas kontrol 69,59.  Nilai Simpangan baku pada kelas eksperimen lebih kecil dibanding dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa nilai pada kelas eksperimen lebih menyebar mendekati rata-rata dibanding dengan kelas kontrol. Melalui uji statistik beda rata-rata dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Investigasi lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas X SMAN 2 Bukittinggi tahun pelajaran 2014/2015.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

kp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah (JKPS) merupakan jurnal ilmiah penelitian pendidikan yang memuat hasil penelitian dan/atau kajian analitis - kritis di bidang kepemimpinan kepala sekolah, proses pembelajaran dan evaluasi pendidikan dengan tujuan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan model ...