JURNAL FISIKA
Vol 5, No 1 (2015)

Ketahanan Tekan Komposit Dari Resin Epoksi Berpenguat Serat Bambu


Hermawan, Dian Wahid ( Prodi S2 Pendidikan Fisika, PPs Universitas Negeri Semarang, Indonesia Jl. Bendan Ngisor, Sampangan, Semarang, 50233 ) , Masturi, Masturi ( Prodi S2 Pendidikan Fisika, PPs Universitas Negeri Semarang, Indonesia Jl. Bendan Ngisor, Sampangan, Semarang, 50233 ) , Yulianti, Ian ( Prodi S2 Pendidikan Fisika, PPs Universitas Negeri Semarang, Indonesia Jl. Bendan Ngisor, Sampangan, Semarang, 50233 )



Article Info

Publish Date
03 Dec 2015

Abstract

Serat bambu memiliki sifat mekanis lebih baik dibandingkan dengan serat alam yang lainnya. Oleh sebab itu, serat bambu dapat digunakan sebagai penguat komposit. Pada penelitian ini dilakukan pembuatan komposit dengan polimer resin epoksi sebagai perekat serat. Komposit serat bambu dicetak menjadi dua sampel, yaitu sampel I berukuran 105 mm x 18 mm x 9 mm dan sampel II berukuran125 mm x 40 mm x 10 mm.  Resin epoksi dan serat dicampur dengan perbandingan 100:40. Sampel I dicetak dengan menyusun serat dengan sudut silang sebesar 00, 450, 900.  Sampel II dicetak dengan ukuran diameter yang berbeda yaitu serat berdiameter rata-rata 1 mm dan serat yang berdiameter rata-rata 0,01 mm. Kedua sampel dicetak dengan tekanan sebesar 2 kgf/cm2. Hasil uji ketahanan tekan didapatkan serat yang diameter lebih besar dan dengan arah silang 450 memiliki ketahanan tekan yang lebih baik.


Copyrights © 2015







Original Source :
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

jf

Publisher

Subject

Physics

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian konseptual Fisika Teoritik, Fisika Material, Fisika Medik, Fisika Nuklir, Fisika Komputasi dan Fisika ...