PAUDIA: JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 3, No 1 Oktober (2014)

PENINGKATAN KESEIMBANGAN TUBUH MELALUI BERJALAN DI ATAS VERSA DISC PADA ANAK KELOMPOK B PAUD TAMAN BELIA CANDI SEMARANG

Chitra Pratiwi, Wiwik (Unknown)
Munawar, Muniroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keseimbangan tubuh melalui berjalan di atas versa disc pada anak Kelompok B PAUD Taman Belia Candi Semarang. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdapat tiga pertemuan dimana masing-masing siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara berjalan di atas versa disc dengan keseimbangan tubuh yang dimiliki siswa. Hasil yang diperoleh adalah 81,82% peningkatan keseimbangan tubuh pada siklus II dicapai oleh 18 anak dengan nilai B (baik) dibandingkan siklus sebelumnya yang hanya 11 orang sebesar 50%. Pada siklus II menggunakan instruksi dan pengulangan kegiatan serta setting lingkungan yang lebih mendukung yaitu kelompok kecil disertai tes keseimbangan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media versa disc sebagai pilihan alternative dalam pembelajaran gerak bagi anak kelompok B dapat membantu upaya peningkatan keseimbangan tubuh anak. Saran harus memberitahu guru agar dapat membantu meningkatkan keseimbangan tubuh siswa dengan menerapkan berbagai gerakan pembelajaran inovatif bervariasi dalam membantu mencapai kematangan neurologis untuk kesiapan anak untuk belajar lebih baik.Kata Kunci : Keseimbangan tubuh, berjalan, versa disc

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

paudia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

PAUDIA is scientific journal about early childhood education; it hereby states that the publication of the articles is true research outcomes and it is scientifically. PAUDIA is a scientific journal about early childhood education. It belongs to PG PAUD Program of Science Education Faculty in ...