Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika
Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Volume 9 Nomor 1 Februari 2016

SKALA MOTIVASI AKADEMIK MATEMATIKA UNTUK MENGUKUR SELF-DETERMINATION MATEMATIS DI PERGURUAN TINGGI

Santosa, Cecep Anwar ( Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia )
Suryadi, Didi ( Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia )
Prabawanto, Sufyani ( Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia )



Article Info

Publish Date
26 Feb 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen motivasi akademik dalam pembelajaran matematika berdasarkan teori self-determination matematis. Sebelum diujikan, draft instrumen divalidasi terlebih dahulu oleh ahli. Subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan pendidikan matematika sebanyak 64 orang. Instrumen terdiri atas 28 pertanyaan yang dikembangkan berdasarkan kontinuum teori self-determination, yaitu amotivasi, motivasi ekstrinsik, dan intrinsic. Rumusan masalah penelitian ini adalah, bagaimana deskripsi dan uji kesamaan rerata data respon, bagaimana konsistensi internal instrumen, apakah terdapat sebuah pola simpleks diantara subskala pada instrumen yang dikembangkan, dan bagaimana korelasi antara kontinuum subskala dan variabel lainnya. Hasil penelitian menunjukkkan; pertama, dari hasil uji kesamaan rata-rata, respon antar subsampel 1 dan 2 relatif  homogen, kedua, konsistensi internal instrumen secara umum terkategori tinggi, ketiga, korelasi antar subskala menunjukkan adanya struktur simpleks yang menunjukkan validitas skala instrumen yang disusun, keempat, korelasi antar subskala dengan variabel lain yang berhubungan (dalam hal ini capaian akademik) menunjukkan kesesuaian.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JPPM, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika is well-knowned as Jurnal JPPM. Jurnal JPPM is published by Mathematics Department of Sultan Ageng Tirtayasa University. JPPM publishes the research issues on mathematics education, and could be experiment, research and development, or classroom ...