Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika
Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Volume 9 Nomor 1 Februari 2016

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PROGRAM LINEAR MENGGUNAKAN APLIKASI GEOGEBRA BERBANTUAN ANDROID DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Fazar, Ibnu ( Pendidikan Matematika PPs Universitas Sriwijaya )
Zulkardi, Zulkardi ( Pendidikan Matematika PPs Universitas Sriwijaya )
Somakim, Somakim ( Pendidikan Matematika PPs Universitas Sriwijaya )



Article Info

Publish Date
26 Feb 2016

Abstract

Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan yang paling pokok dalam keseluruhan proses pendidikan. Penggunaan media teknologi dalam pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses pembelajaran secara individual (individual learning) dengan menumbuhkan kemandirian dalam proses belajar, sehingga siswa akan mengalami proses yang jauh lebih bermakna dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Salah satu solusinya adalah pembelajaran menggunakan aplikasi GeoGebra berbantuan Android. Dari hasil penelitian diperoleh data observasi keaktifan siswa rata-rata 86,09 dengan kategori sangat baik. Dari minat siswa 90,32% kategori sangat berminat dan 9,68% kategori berminat. Dari hasil tes diperoleh 38,72% kategori sangat baik, 48,38% kategori baik, dan 12,90% kategori cukup.  Dengan demikian pengembangan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) pada pokok bahasan program linear menggunakan aplikasi GeoGebra berbantuan android yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap peningkatan kemampuan pemahaman siswa dan bahan ajar yang dihasilkan telah dinyatakan valid, praktis, dan mempunyai efek potensial terhadap pemaham konsep matematika.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JPPM, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika is well-knowned as Jurnal JPPM. Jurnal JPPM is published by Mathematics Department of Sultan Ageng Tirtayasa University. JPPM publishes the research issues on mathematics education, and could be experiment, research and development, or classroom ...