Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika
Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Volume 9 Nomor 1 Februari 2016

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Marliani, Novi ( Pendidikan Matematika FTMIPA Universitas Indraprasta PGRI )



Article Info

Publish Date
26 Feb 2016

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemapuan berfikir kreatif siswa pada salah satu SMA swasta  yaitu siswa kelas XI di SMA Perguruan Ksatrya Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan teknik analisis data  uji T.  Sampel dalam penelitian adalah 50 siswa dengan kelas XI-IPS 2 sebagai kelas Eksperimen dan XI-IPS 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 25 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis  essay.  Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dengan uji T menunjukkan thitung = 3,56 dan ttabel = 1,6788 pada taraf signifikansi 5% atau (a = 0,05) dan derajat kebebasannya (dk = 48) yang berarti thitung > ttabel (3,56 > 1,6788) maka H0 ditolak dan H1 diterima  sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JPPM, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika is well-knowned as Jurnal JPPM. Jurnal JPPM is published by Mathematics Department of Sultan Ageng Tirtayasa University. JPPM publishes the research issues on mathematics education, and could be experiment, research and development, or classroom ...