T R A K SI
Vol 11, No 1 (2011): mechanical engineering

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MUSICOOL PADA MESTN AC (studi Kasus: AC merk Tosiba dan Panasonik di Universitas Negeri Semarang)

Raharjo, Samsudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2012

Abstract

MUSIcool rnerupakan refigerant produk PT PERTAMINA (PERSERO) sebagaimedia pendingin ruangan yang ramah lingkungan dan hemat energy. MUSIcool dengan bahan dasar Hidrocarbon merupakan hasil kilang Migas yang diformulasikan sebagai pengganti Refrigerant R- 12,R-22 dan R-l34a mengingat Freon adalah jenis refrigerant yang dapat merusak lapisan ozon. Menipisnya lapisan ozon dalam atmosfer bagian atas diperkirakan sebagai penyebab meningkatnya penyakit kangker kulit dan katarak pada manusia. Generasi mendatang dalam ancaman bahay4 oleh sebab itu perlu dilakukan langkah-langkah menghentikan progresivitas global warming melalui perbaikan lingkungan secara global dan berkesinambungan dar, membeli produk-produk yang ramah lingkungan (Permendag. No.24/Iv1-DAG/PER/6/2006 ). Hasil Pengujian pada beban AC yang sama dalam penelitian ini mengunakan dua merk AC split beban 1,5 PK dan setiap merk disediakan 5 buah AC menuryukkan bahwa kerapatan MUSIcool lebih kecil disbanding dengan CFC, dan kerjakompresor lebih ringan 25 oh, rasio tekanan kondensasi terhadap evaporasi lebih kecil 0,5 -l L nilai viscositas lebih kecil kemudian efek refrigerasi , coeficient of Performance ( COP ) dan konduktifitas bahan lebih besar.Kata Kunci: Refrigeran MUSIcool, Ramah Lingkungan dan Ilemat Energi.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

jtm

Publisher

Subject

Energy Engineering

Description

TRAKSI (eISSN 2579-9738 / ISSN 1693-3451) adalah Majalah Ilmiah Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) dengan cakupan bidang material teknik, konversi energi dan manjfaktur. Jurnal ini terbit 2 kali dalam satu ...