Journal of Mechaninal Engineering Education
Vol 3, No 1 (2016): Juni

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK

Hafsah, Nandya RJ (Unknown)
Rohendi, Dedi (Unknown)
Purnawan, Purnawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan e-modul dan modul cetak serta mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelompok yang menggunakan e-modul dengan kelompok yang menggunakan modul cetak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pada penelitian ini dilakukan pre-test dan post-test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dinyatakan dengan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua media pembelajaran yang digunakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dimana nilai rata-rata N-Gain untuk kedua kelompok memiliki kriteria sedang. Tidak terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelompok yang menggunakan e-modul dengan kelompok yang menggunakan modul cetak.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jmee

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap ...