Journal of Mechaninal Engineering Education
Vol 3, No 1 (2016): Juni

PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TYPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK

Tarigan, Octapin A. (Unknown)
Kusumah, Inu H. (Unknown)
Karo-Karo, Uli (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar dan keaktifan belajar siswa di SMK N 8 Bandung setelah penerapan model pembelajaran Quiz Team. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian sampel, teknik sampel mengunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 32 siswa dari populasi sebanyak 229 siswa. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas X-TKR 1 SMK N Bandung. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari 2 siklus tindakan: setiap siklus memiliki tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal evaluasi. Hasil penelitian tindakan kelas diperoleh dari nilai evaluasi tiap siklus dan hasil dari lembar observasi keaktifan siswa setelah penerapan model pembelajaran Quiz Team. Siklus I persentase keaktifan dan hasil belajar sebesar 46,25% dan 62,5% dan termasuk kategori cukup. Siklus II persentase keaktifan dan hasil belajar sebesar 63,75% dan 71,87% dan termasuk kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Quiz Team ini mempunyai pengaruh yang positif terhadap peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa serta cocok untuk diterapkan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jmee

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap ...