Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 3, No 2 (2015): Juni 2015

Pengaruh Strategi Belajar Mind Mapping Dalam Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Sosial Siswa

Nurjana, M. Ichsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2015

Abstract

Keterampilan sosial siswa kelas X SMA Negeri 3 Kandangan pada pelajaran fisika secara umum masih rendah. Hal ini disebabkan jarang diterapkannya model pembelajaran yang melatihkan keterampilan sosial di kelas. Solusinya dilakukan dengan menerapkan pembelajaran CIRC dengan strategi belajar mind mapping. Tujuan umum dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh strategi belajar mind mapping dalam model CIRC terhadap keterampilan sosial siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian quasi eksperimen desain pretest-posttest nonequivalent group, dengan populasi merupakan seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Kandangan dan sampel yang diambil adalah siswa kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah statistika deskriptif dan asumsi parametrik untuk menguji hipotesis dan hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum terdapat pengaruh positif penggunaan strategi belajar mind mapping dalam model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan sosial siswa.   

Copyrights © 2015