Prosiding Pendidikan Sains
2015: Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains)

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA “CHEMONDRO” PADA MATERI KELARUTAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA

Yektyastuti, Resti (Unknown)
Solihah, Mar’attus (Unknown)
Prasetyo, Yogo D. (Unknown)
Mardiana, Tria (Unknown)
Ikhsan, Jaslin (Unknown)
Sugiyarto, Kristian H. (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2015

Abstract

Pengembangan dan penggunaan media pembelajaran berbantuan perangkat Android saat ini mulai menjadi tren penelitian di bidang pendidikan sains. Media pembelajaran  “Chemondro” merupakan software media pembelajaran kimia yang dapat dioperasikan menggunakan perangkat dengan sistem operasi Android. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media pembelajaran kimia “Chemondro” pada materi kelarutan terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa SMA. Penelitian dilakukan di SMAN 10 Yogyakarta dengan menggunakan desain uji coba posttest-pretest-control group design. Kemandirian belajar diukur dengan angket kemandirian belajar yang menggunakan peringkat Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kemandirian belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran “Chemondro” dan siswa yang tidak menggunakannya.

Copyrights © 2015