Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP)
Vol 8, No 1 (2015): Jurnal Teknologi Pendidikan

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR EKSPRESI


Tambunan, Hero ( Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed ) , Napitupulu, Efendi ( Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed )



Article Info

Publish Date
16 Mar 2016

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran DanKemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Menggambar Ekspresi. Penelitian inimenggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi eksperiment desain faktorial 2 x 2.Teknik statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian, dimana teknik inferensialyang digunakan adalah teknik analisa varians (ANAVA) dua jalur dengan taraf signifikan 5%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa yang diajar dengan strategi pembelajaranberorientasi aktivitas siswa memperoleh hasil belajar menggambar ekspresi lebih tinggi dari siswayang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, diperoleh nilai Fhitung = 6,740 > Ftabel =3,97, (2) siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi memperoleh hasil belajarmenggambar ekspresi lebih tinggi dari siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah,diperoleh nilai Fhitung = 225,041 > Ftabel = 3,97, (3) tidak terdapat interaksi antara strategipembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memberikan pengaruh terhadap hasilbelajar menggambar ekspresi, diperoleh nilai Fhitung = 2,174 < Ftabel = 3,97.Kata Kunci: strategi pembelajaran, kemampuan berpikir kreatif, menggambar ekspresi


Copyrights © 2016







Original Source : http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jtp/article/view/3310
Google Scholar : Check in googleschoolar