Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 5 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Peningkatan Pemahaman Konsep Hubungan Antar Satuan Panjang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Toribulu

Ardiansyah, Ardiansyah (Unknown)
Sugita, Gandung (Unknown)
Awuy, Evie (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apakah penggunaan metode kooperatif tipe STAD pemahaman siswa kelas IV SD Inpres 2 Toribulu dalam pembelajaran konsep hubungan antar satuan panjang dapat ditingkatkan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SD Inpres 2 Toribulu dalam pembelajaran konsep hubungan antar satuan panjang. Metode penelitian yang digunakan/diterapkan dalam PTK ini adalah penggunaan metode kooperatif tipe STAD yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana pada setiap siklus dilakukan langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siswa siswa kelas IV SD Inpres 2 Toribulu Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang, yang terdiri atas siswa laki-laki sebanyak 8 orang dan siswa perempuan sebanyak 12 orang. Hasil penelitian tindakan kelas melalui penggunaan metode kooperatif tipe STAD dengan dua siklus menunjukkan nilai rata-rata atau persentase yang berbeda terhadap pemahaman siswa kelas IV SD Inpres 2 Toribulu Tahun Ajaran 2013/2014. Pada pelaksanaan tindakan Siklus I ketuntasan klasikal siswa adalah 40% (8 orang siswa yang tuntas hasil belajar), tetapi hal tersebut belum mencapai kriteria ketuntasan yang diharapkan, yaitu tuntas secara klasikal bila mencapai ≥ 65% atau memperoleh skor ≥ 65. Pada tindakan Siklus II, diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 100% dengan perolehan nilai semua siwa (20 orang siswa) sudah mencapai skor ≥ 65. Dengan demikian, pemahaman siswa kelas IV SD Inpres 2 Toribulu dalam pembelajaran konsep hubungan antar satuan panjang dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode kooperatif tipe STAD.

Copyrights © 2018