Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 1 (2016): JANUARI 2016

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI MODEL KOOPERATIF TEKNIK TPS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Riyanto, . ( Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNTAN, Pontianak )
., Suryani ( Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNTAN, Pontianak )
., Sukmawati ( Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNTAN, Pontianak )



Article Info

Publish Date
04 Jan 2016

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendapatkan informasi yang akurat untuk meningkatkan aktivitas belajar siawa dalam pembelajaran matematika di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 10 Mendawa Lidah Kabupaten Kayong Utara. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif . Terdapat peningkatan aktivitas fisik mulai dari siklus I sampai siklus II yaitu dari 65% meningkat menjadi 80%. Peningkatan aktivitas mental mulai dari siklus I sampai siklus II yaitu dari 65% meningkat menjadi 75%. Peningkatan aktivitas emosional mulai dari siklus I sampai siklus II yaitu dari 63% meningkat menjadi 80%. Dengan demikian skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan baik, kemudian skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II dikategorikan sangat baik.   Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Teknik Think-Pair-Share. Absrtact: The purpose of the research is to get real information to improve student activity learning in mathematic learning in sixth grade of Sekolah Dasar Negeri 10 Mendawa Lidah Kabupaten Kayong Utara. The method of this reseach is descriptive. There are increasing of physic activity from cycle I is 65,00% to be 80,00% in cycle II. There are increasing mental activity in cycle I it is 65,00% to be 75,00% in cycle II. There are increasing in emotional activity in cycle I it is 63,00% to be 80,00% in cycle II. The average score of student activity learning from cycle I is good, then the average score of student activity learning in cycle II is very good.   Keyword: Learning Activity, Think-Pair-Share Technique

Copyrights © 2016