Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 11 (2015): Nopember 2015

MODEL KONSTRUKTIVISTIK MEMBANGUN KONSEP PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VIII SMP NEGERI 4 SIANTAN

Sukardi, . ( Magister Teknologi Pendidikan FKIP Untan, Pontianak )
Ibrahim, Sutini ( Magister Teknologi Pendidikan FKIP Untan, Pontianak )
Sutapa, Y Gatot ( Magister Teknologi Pendidikan FKIP Untan, Pontianak )



Article Info

Publish Date
12 Nov 2015

Abstract

Abstrak : Salah satu materi yang diajarkan pada mata pelajaran bahasa Inggris di kelas VIII semester genap adalah Public Places and Sports diperlukan suatu media yang memungkinkan siswa dapat menggunakan alat indera secara optimal. Untuk itulah perlu dirancang sebuah media yang dapat mengatasi masalah tersebut. Selain itu agar materi yang disampaikan melalui multimedia tidak bersifat parsial, maka multimedia yang dikembangkan harus menimbulkan perubahan kognisi, afeksi dan psikomotor siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konstruktivistik melalui multi media pembelajaran bahasa Inggris khususnya Public Places and Sports di kelas VIII SMP semester genap dalam bentuk CD pembelajaran, dan media yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan pemerolehan empat keterampilan bahasa Inggris di sekolah. Media ini dirancang untuk pembelajaran mandiri. Hasil ujicoba media kepada siswa akan  mempunyai efek yang potensial, yaitu siswa suka belajar dengan multimedia, siswa aktif mengikuti pelajaran menggunakan media pembelajaran. Model Konstruktivistik melalui multimedia dalam pembelajaran membantu siswa untuk memperoleh keterampilan berbahasa Inggris dan mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari.   Kata Kunci : Model Konstruktivistik, Membangun , Multimedia, Pembelajaran, Konsep-konsep belajar  bahasa Inggris.   Abstract : One of the material which taught in English  especially on grade eight in even  semester is about public places and sports so that, in learning and teaching process is needed a media as a tool to stimulate students’ five senses hopely they can use it optimally. For that case it is necessary to design a media and  how to solve the problem faced by the students. Beside the material can be delivered impartially, multimedia is also developed to affect the students’  cognitive,  affective  and phsycomotor  changing. The purpose of this research is how to develop constructive model in English lesson especially when the  topics  are public places and sports in grade eight in even semester in form of CD interactive learning, and hope  the media which is developed can increase the four language skills achievement in school. This media is also designed for independent learners. The result of trial media to the student will affect potentially to the students that they like studying English by using  multimedia as a learning media. Using multimedia in learning is helping student to stimulate  the four  language skills and easy to practice it in their daily life.   Key words : Constructive Models, Developing, Multimedia,  Concepts, Instructional and Learning English.  

Copyrights © 2015