Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 9 (2015): SEPTEMBER 2015

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMP

Jumiarti, . ( Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan, Pontianak )
Putri Panjaitan, Ruqiah Ganda ( Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan, Pontianak )
Hardigaluh, Basuki ( Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan, Pontianak )



Article Info

Publish Date
31 Aug 2015

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Studens Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi sistem pencernaan makanan di kelas VIII B SMP Negeri 2 Siantan tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksana tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan dilakukan sebanyak 2 siklus dan masing-masing dengan satu kali pertemuan setiap siklus. Subjek penelitian berjumlah 26 siswa terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Persentase proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai 90,91% dan siklus II mencapai 100%. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75,13 dengan persentase ketuntasan 80,77% dan pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata sebesar 84,36 dengan persentase ketuntasan 96,15%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.   Kata Kunci: Pembelajaran Tipe STAD, Hasil Belajar       Abstract: The purpose of this study is to improve the studens’ result by using the cooperative learning type of Student Teams Achievement Division (STAD) on the material of digestive system in VIII B class of SMP Negeri 2 Siantan in academic year 2014/2015. This study was a classroom action research which conducted in 2 cycles, where each consists of planning, execution, observation and reflection. The subjects of this study was 14 male students and 12 female students . The percentage of the learning process in the first cycle achieved 90,91% and 100% in the second cycle. The result of this study has shown that the average result on cycle I was 75,13 with 80,77% of completeness and 84,36 of improvement on cycle II with 96,15% of completeness concluded that the cooperative learning type STAD is able to improve the students’ result.   Key words: Learning Type STAD, Learning Achievement

Copyrights © 2015