JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2013

PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN BREADTALK MALL KELAPA GADING 3, JAKARTA

Suyanto, A.M.A (Unknown)
Yurdatila, Fika (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2013

Abstract

Dewasa ini, semakin banyak boutique roti yang muncul di masyarakat dengan menawarkan berbagai keunggulan rasa maupun variasi bentuknya. BreadTalk menjadi trend-setter untuk pemasaran roti dengan pendekatan baru yaitu experiential marketing untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sejauhmana pengaruh strategi experiential marketing yang dilakukan oleh BreadTalk dalam menawarkan produknya kepada konsumen apakah berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Maka, maka perusahaan akan lebih mudah menentukan strategi experiential marketing yang tepat dan sesuai dengan kondisi, kemampuan serta keadaan yang sedang dihadapiMetode yang digunakan adalah Metode yang digunakan adalah deskriptif dan kausalitas dengan 210 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Stucture Equation Model (SEM).Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Penilaian konsumen terhadap experiential marketing pada BreadTalk dinilai baik karena berada pada kategori baik yaitu hasil rata-rata jawaban responden lebih dari 4; (2) Kepuasan pelanggan yang dirasakan oleh responden dinilai baik karena berada pada kategori baik yaitu hasil rata-rata jawaban responden lebih dari 4; (3) loyalitas konsumen yang dirasakan responden dinilai baik karena berada pada kategori baik yaitu hasil rata-rata jawaban responden lebih dari 4; (4) experiential marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan kepuasan pelanggan sebesar 7,915%; (5) experiential marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan loyalitas pelanggan sebesar 3,114%.

Copyrights © 2013