Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi dan Keuangan
2015: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi dan Keuangan

PERAN GURU AKUNTANSI DALAM MEWUJUDKAN EMPAT PILAR PEMBELAJARAN MELALUI ACCOUNTING SIMULATION

Octoria, Dini (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2015

Abstract

ABSTRAK Hasil pemikiran ilmiah ini bertujuan untuk memberikan wawasan bagi guru akuntansi dalam mengoptimalkan peranannya untuk mewujudkan empat pilar pembelajaran melalui pembelajaran simulasi akuntansi. Empat pilar pembelajaran yang dimaksud adalah learning to know, learning to do, learning to be, and learning to live together. Pelaksanaan pembelajaran akuntansi selama ini sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat terbukti dengan penerapan berbagai model pembelajaran inovatif. Peserta didik dapat meraih berbagai prestasi pada bidang akuntansi baik di tingkat nasional maupun internasional, tetapi setelah itu peserta didik mengalami kesulitan untuk dapat berkarya menerapkan ilmu akuntansi yang telah dimilikinya, baik untuk diri sendiri maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran akuntansi selama ini hanya berfokus pada dua pilar pembelajaran saja yaitu learning to know dan learning to do saja, belum mencapai pilar learning to be dan learning to live together. Dengan simulasi akuntansi, para guru akuntansi harus menampilkan kreatifitasnya untuk menampilkan kondisi riil kehidupan masyarakat ke dalam kelas. Keterlibatan peserta didik dalam mensimulasikan kondisi tersebut diharapkan dapat membentuk pemahaman konsep akuntansi yang kuat, sehingga peserta didik dapat mengaplikasikan ilmu akutansi baik untuk dirinya sendiri maupun dalam kehidupan bermasyarakat. ABSTRACT The results of scientific thinking aims to provide insight for accounting teachers in optimizing its role to achieve the four pillars of learning through accounting simulation. The four pillars of learning consists of learning to know, learning to do, learning to be, and learning to live together. Accounting implementation of learning has experienced fairly rapid growth as evidenced by the implementation of a wide range of innovative learning models. Learners can achieve many accomplishments in the field of accounting in both the national and international levels, but after that learners have difficulty applying their knowledge to work using accounting science, both for themselves as well as in public life That is because learning accounting for only focuses on only two pillars of learning are learning to know and learning to do it, has not reached the pillars of learning to be and learning to live together. Through accounting simulation, the accounting teacher should show their creativity to show the real condition of life of the community into the classroom. The involvement of learners in simulating these conditions are expected to form a strong understanding of accounting concepts, so that students can apply the knowledge in accounting both for himself as well as in social life. Kata kunci: peran guru, empat pilar pembelajaran, accounting simulation.

Copyrights © 2015