S2 Pendidikan Ekonomi
Vol 1, No 2 (2014): Pendidikan Ekonomi

PENGEMBANGAN SISTEM MANAJEMEN METODE DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK MENENTUKAN POLA TATA LETAK PRODUK ( UMKM Retail Assalam Hypermarket Surakarta )


Hartanto, Wiwin ( Prodi Magister Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, FKIP-UNS ) , Sulistyadi, Kohar ( Prodi Magister Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, FKIP-UNS ) , Sawiji, Hery ( Prodi Magister Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, FKIP-UNS )



Article Info

Publish Date
01 Oct 2014

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan Reseach and Development menggunakan aturan linear sequential (waterfall). Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi market basket analysis dengan metode algoritma Apriori menggunakan bahasa pemrograman PHP. Data yang akan digunakan pada untuk pengujian sistem ini adalah data hasil transaksi pada bulan September 2013 dari hypermarket Assalam. Penelitian ini bertujuan mendapatkan pola pembelian produk yang kemudian dapat dikembangkan menjadi strategi pemasaran, mendapatkan model tata letak produk untuk memudahkan konsumen dalam mencari produk, menghasilkan program aplikasi Market Basket Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan aplikasi metode data mining market basket analysis  yang dibuat dapat digunakan untuk menampilkan informasi pola pembelian produk yang sering dilakukan oleh konsumen dalam satu keranjang belanja dan model tata letak produk sesuai dengan pola pembelian produk yang dilakukan oleh konsumen. Informasi yang ditampilkan berupa nilai support dan confidence dari hubungan antara dua barang dan tiga barang. Semakin tinggi nilai confidence dan support maka semakin kuat nilai hubungan antar atribut.Kata kunci : Market Basket Analysis, Marketing, Algoritma Apriori, Association Rule, Data Mining


Copyrights © 2014






Download : Full PDF (705.564 KB)
Original Source : http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2ekonomi/article/view/6953
Google Scholar : Check in googleschoolar