Berkala Fisika Indonesia
Vol 7, No 2: Juli 2015

PENGARUH PENGGUNAAN METODE LEARNING TOURNAMENT TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI II MANOKWARI PAPUA BARAT


Amin, Mohammad, Mujasam, ., Widyaningsih, Sri Wahyu



Article Info

Publish Date
01 Jul 2015

Abstract

Keberhasilan kegiatan pembelajaran dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal dalam penelitian ini adalah motivasi, sedangkan faktor eksternalnya adalah metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perbedaan antara prestasi belajar peserta didik sebelum dan setelah digunakannya metode Learning Tournament serta mengukur besar motivasi belajar prestasi didik. Jenis penelitian merupakan pra-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Dalam uji hipotesis dengan parametert diperoleh nilai thitung sebesar 24,61 dengan ttabel sebesar 2,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi peserta didik sebelum dan setelah diterapkannya perlakuan, sehingga pembelajaran menggunakan metode Learning Tournament berpengaruh signifikan terhadap prestasbelajar fisika peserta didik. Pengukuran motivasi belajar peserta didik setelah digunakannya metode Learning Tournament dalam pembelajaran adalah: indikator perhatian sebesar 3,41, relevansi sebesar 3,38,kepercayaan diri sebesar 3,41 dan kepuasan sebesar 3,89. Rata-rata seluruh indikator sebesar 3,52 menunjukkan motivasi baik.


Copyrights © 2015







Original Source : http://journal.uad.ac.id/index.php/BFI/article/view/3398
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

BFI

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal BFI (Berkala Fisika Indonesia) merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Prodi Magister Pendidikan Fisika untuk menampung karya penelitian bidang Fisika dan Pendidikan ...