Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2015: Buku I Bidang Ilmu Ekonomi dan Pertanian, Proceeding Seminar Nasional LPPM 2015, 26 September

MODEL STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING UKM INDUSTRI KREATIF BERBASIS ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN

Nuvriasari, Audita ( Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Jl Wates Km 10 Yogyakarta )
Wicaksono, Gumirlang ( Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Jl Wates Km 10 Yogyakarta, )
Sumiarsih, Sumiarsih ( Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Jl Wates Km 10 Yogyakarta, )



Article Info

Publish Date
26 Sep 2015

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1). Memetakan kondisi UKM Industri Kreatif berdasarkan hasil analisis SWOT, (2). Merumusakan strategi untuk mendukung peningkatan daya saing berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada UKM Industri Kreatif, (3). Mengidentifikasi karakteristik UKM Industri Kreatif berbasis orientasi pasar, (4). Mengidentifikasi karakteristik UKM Industri Kreatif berbasis orientasi kewirausahaan, (5). Membangun model strategi peningkatan daya saing UKM Industri Kreatif berbasis orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan, dan (6). Merumusakan implementasi strategi peningkatan daya saing UKM Insustri Kreatif berbasis orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan.  Jenis penelitian adalah penelitian kualitatid dengan menggunakan pendekatan  action research, yakni kegiatan penelitian yang dilanjutkan dengan aksi atau implementasi. Sampel penelitian adalan 100 UKM Industri Kreatif bidang usaha Handicraft (aneka kerajinan perak, serat alam, gerabah, kulit, dan kayu) dan bidang usaha fashion (aneka Batik) yang berada di Propinsi DIY. Metode pengumpulan data meliputi: observasi, kuesioner, wawancara mendalam, dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model strategi peningkatan daya saing UKM berbasis orientasi pasar dapat dikembangkan melalui strategi pemasaran intensif, kepuasan konsumen, keunggulan bersaing dan penguatan budaya organisasi. Model strategi peningkatan daya saing berbasis orientasi pasar dapat dikembangkan melalui strategi peningkatan kemampuan/kompetensi, motivasi diri, inovasi organisasi dan kemitraan. Kata kunci : SWOT Analisis, Daya Saing, Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan

Copyrights © 2015