Premiere Educandum
Vol 2, No 1 (2012)

KAJIAN FILSAFAT ILMU DAN FILSAFAT PENDIDIKAN TENTANG RELATIVISME KULTURAL DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT MORAL

Budiwibowo, Satrijo (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2015

Abstract

Pedagogik sebagai ilmu pokok dalam pendidikan, jiwa dan isinya agar dapat memenuhi persyaratan landasan konsep dan fungsinya, memerlukan landasan yang berasal dari filsafat. Filsafat mengajukan pertanyaan dan menyelidiki realita dan pengalaman yang banyak terdapat dalam pendidikan. Filsafat dan pendidikan mempunyai hubungan yang erat satu sama lain, karena problema-problema tersebut berada dalam lingkungan dua disiplin ini. Pendidikan dalam pengembangan konsep-konsepnya antara lain menggunakan dasar-dasar dari kedua konsep tersebut yaitu filsafat dan pendidikan. Aliran filsafat pendidikan mencakup naturalisme, idealisme, realisme, pragmatisme, progresivisme, esensialisme, dan perenialisme. Moralitas merupakan seperangkat aturan yang merancang bagaimana hendaknya orang saling memerlakukan satu sama lain, bahwa orang yang rasional akan setuju untuk menerima, demi keuntungan timbal balik, asalkan semua yang lain mengikuti aturan-aturan itu juga. Masalah pokok dari kontrak sosial adalah kalau seseorang atau sekelompok orang itu mampu mempercayai orang lain atau kelompok lain untuk setia pada aturan-aturan, kecuali dalam situasi darurat.Kata Kunci: Filsafat Ilmu, Filsafat Pendidikan, Relativisme Kultural, Filsafat Moral

Copyrights © 2012