Publikasi Pendidikan
Vol 2, No 2 (2012)

KEBUTUHAN PELATIHAN APRESIASI SENI TARI NUSANTARA DAERAH SETEMPAT PADA GURU SEKOLAH DASAR DI MAKASSAR

Wahira, Wahira ( PGSD FIP UNM )



Article Info

Publish Date
01 Jun 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kebutuhan pelatihan apresiasi seni daerah setempat bagi guru sekolah dasar, bentuk kegiatan pembelajaran apresiasi seni tari yang sudah pernah dilakukan oleh guru sekolah dasar, dan jenis bahan ajar apresiasi seni tari yang sudah pernah dilaksanakan dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan di sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Responden penelitian adalah guru sekolah dasar di Makassar. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Temuan penelitian ini, kebutuhan dan keberhasilan pelaksanaan pelatihan dipengaruhi oleh materi pelatihan, program pelatihan, bentuk pelatihan, instruktur pelatihan, sarana & prasarana pelatihan dan CD tari pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kebutuhan akan pelatihan apresiasi seni tari Nusantara daerah setempat  sangat tinggi dan sangat dibutuhkan oleh guru sekolah dasar di Makassar terbukti dari angket kebutuhan yang diberikan kepada guru sekolah dasar sebanyak 30 orang, bentuk kegiatan pembelajaran apresiasi seni tari yang sudah pernah dilakukan oleh guru sekolah dasar kurang baik, dengan rerata skor 2.01, dan jenis bahan ajar apresiasi seni tari yang sudah pernah dilaksanakan dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan di sekolah dasar juga kurang baik, dengan rerata skor 2,19.Kata Kunci: pelatihan, apresiasi, seni tari, Nusantara daerah setempat.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...