Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF)
Vol 1, No 4 (2012): Information System and Application

ANALISIS IMPLEMENTASI ELECTRONIK CRM PADA PT CORDOVA GARMENT UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN

Fauziah, Fauziah (Unknown)
Agustina, Ina ( Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional )
Andryana, Septi ( Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional )



Article Info

Publish Date
09 Jul 2015

Abstract

Dengan berkembangnya perusahaan garment yang semakin tahun semakin berkembang dikarenakan oleh kebutuhan pelanggan akan trend atau gaya berpakaian untuk itu perusahaanpun dituntut untuk mengikuti kebutuhan dari pelanggan atau konsumen, oleh karena itu perusahaan juga harus dapat memberikan layanan yang sangat baik agar pelanggan tetap loyal dengan produk – produk yang pelanggan gunakan, dan perusahaanpun harus dapat memenuhi keinginan tersebut dengan mengikuti perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat hanya hitungan detik saja apabila perusahaan tidak mengikuti perkembangan teknologi yang ada maka akan secara otomatis pelanggan akan meninggalkan produk yang digunakan sehingga perusahaan dapat menciptakan system yang baru yaitu dengan aplikasi layanan front office kepada pelanggan yaitu aplikasi Electronic CRM yaitu aplikasi yang memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk dapat berhubungan dengan perusahaan melalui aplikasi web. Dengan adanya aplikasi Electronic CRM dapat memberikan layanan kepada pelanggan atau konsumen dengan memberikan semua informasi yang dibutuhkan sehingga pelanggan hanya dengan melakukan klik lewat layanan aplikasi electronic Customer Relatioship Management dapat dengan mudah dan cepat menerima yang pelanggan inginkan dengan adanya kepuasan tersebut, maka pelanggan akan terus menggunakan produk dan tidak akan berpindah ke perusahaan lain, hal ini akan menambah nilai keuntungan atau profit yang jauh lebih besar kepada perusahaan. Layanan yang diberikan dengan implementasi electronic CRM antara lain adalah menyediakan pencarian produk dengan cepat, memberikan layanan gratis sehingga konsumen atau pelanggan akan terus mengunjungi halaman website yang ada, menyediakan informasi yang lengkap tentang penggunaan produk, adanya pemesanan online dan pelanggan atau konsumenpun dapat mengetahui status pemesanan yang telah dilakukan, oleh karena itu implementasi dari electronic CRM pada perusahaan PT CORDOVA Garment sangat membantu kedua belah pihak yaitu dari sisi konsumen maupun dari sisi perusahaan, dan berdasarkan kuisioner yang telah dilakukan pada penelitian ini dapat dijelaskan dengan implementasi electronic CRM dapat memberikan layanan yang lebih baik dan setelah dilakukan surey tentang kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan dari PT CORDOA Garment dari implementasi aplikasi electronic CRM rata – rata 87,9% konsumen atau pelanggan menjawab dengan jawaban yang valid yaitu merasa puas dengan layanan yang diberikan, jika dibandingkan dengan system yang ada di perusahaan apabila tidak diimbangi dengan mengikuti perkembangan teknologi misalnya saja dengan aplikasi web(electronic CRM).

Copyrights © 2012