Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF)
Vol 1, No 5 (2009): Information System And Application

EVALUASI PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK BAHASA INGGRIS SESI STRUCTURE AND WRITTEN EXPRESSION


Rakhmadi, Aris, Nurrohmah, Ratnasari ( Teknik Informatika dan Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta )



Article Info

Publish Date
06 Jul 2015

Abstract

Kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa, khususnya kemampuan structure, di jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya skor TOEFL pada sesi structure. Rendahnya perolehan skor TOEFL tidak menutup kemungkinan adanya kesalahan dalam proses belajar mengajar itu sendiri. Pembelajaran dengan e-learning menawarkan sebuah metode baru dalam proses belajar mengajar. E-learning dapat dianggap sebagai piranti belajar mandiri seorang murid ataupun juga sebagai piranti bantu dalam kelas tradisional. Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem pembelajaran interaktif berbasis web untuk sesi structure and written expression, dan memeriksa bagaimana sistem pembelajaran interaktif berbasis web mempengaruhi capaian belajar. One-way univariate analyses of covariance (ANCOVA) pada tingkat signifikansi 0,05 dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh perlakuan pembelajaran. Uji efektivitas penelitian ini merupakan studi quasi-experimental untuk menginvestigasi pengaruh fasilitas sistem pembelajaran interaktif berbasis web pada performa mahasiswa dalam sesi structure and written expression. Dua uji ANCOVA telah dilakukan untuk menguji dua hipotesis nihil dan dua hipotesis alternatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pembelajaran interaktif berbasis web memperkaya kemampuan mahasiswa dalam structure and written expression. Penelitian ini juga membuktikan bahwa pembelajaran berbasis web dapat menggantikan peran pembelajaran konvensional kelas untuk kemampuan structure and written expression.


Copyrights © 2015






Download : Full PDF (209.499 KB)
Original Source : http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/929
Google Scholar : Check in googleschoolar