Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 3, No 1 (2015): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DAMPELAS

Vitayana, Dian (Unknown)
Kendek, Yusuf (Unknown)
Fihrin, Fihrin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2015

Abstract

Abstrak - Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain pretest-postest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui tes hasil belajar siswa. Data pretest dan postest kelompok eksperimen dan kontrol dianalisis menggunakan analisis statistik. Skor rata-rata tes hasil belajar fisika yang diperoleh untuk kelas eksperimen adalah 10,52 dan kelas kontrol 7,57. Dari hasil uji t pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 59. Diperoleh thit =4,40 dan ttabel =1,67, dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima. Dari hasil N-Gain rata-rata diperoleh 44,08% dan termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan, pada kelas kontrol diperoleh N-gain rata-rata 11,30% yang termasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan uji hipotesis dan N-Gain rata-rata, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Dampelas. Kata Kunci     : Model pembelajaran Inkuiri terbimbing, Peningkatan hasil belajar.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...