Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech)
Vol 1, No 01 (2015): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech)

Urgensi Keseimbangan Pendidikan Budi Pekerti Di Rumah dan Sekolah

., Elfrianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2015

Abstract

Melihat fenomena yang terjadi pada peserta didik di Indonesia hari ini, rasanya dunia pendidikan di negeri ini sudah keluar dari rel yang dicita-citakan para pendiri negeri dulu. Dunia pendidikan Indonesia saat ini menghasilkan manusia-manusia dengan pola pikir kapitalis, liberalis dan dengan kadar moralitas yang sangat rendah. Seperti ada missing link. Sistem pendidikan masa kini paling tidak mengurangi unsur moralitas, akhlak, etika, budi pekerti atau nama lain yang sinonim dengan itu, yang seharusnya menjadi ruh yang paling utama dari dunia pendidikan.Tapi pada sisi lain, pendidikan budi pekerti di sekolah tidak cukup untuk memberikan pembelajaran tentang etika dan budi pekerti hanya dalam tempo beberapa jam saja sehari. Orang tualah yang seharusnya menjadi first teacher dalam membentuk kepribadian, pola pikir, pola sikap dan pola hidup anak. Tapi yang banyak terjadi adalah orang tua malah menyerahkan pendidikan moral/akhlak anak-anaknya kepada pihak sekolah dengan mentah-mentah. Kata Kunci : Urgensi, Budi Pekerti

Copyrights © 2015