Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2, No 3 (2013): Maret 2013

PENERAPAN PRAKTIKUM KONFRONTATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMP

Tarmizi, Muhamad ( Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan )
,, Syamswisna (Unknown)
Ariyati, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan praktikum konfrontatif pada materi sistem pencernaanmanusia terhadap hasil belajarsiswa di kelas VIII SMP Negeri 8 Pontianak. Bentuk penelitian ini adalah quasy eksperimental design denganrancangan non-equivalent control groupdesign. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIC sebagai kelas eksperimendan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan adalah tes hasilbelajar berbentuk esai yang terdiri atas 10 soal. Hasil analisis datamenunjukkan adanya perbedaan hasilbelajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rata-rataskor hasil belajar di kelas eksperimen 23,62lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol 20,18. Perhitungan N-Gain kelas eksperimen 0,74kriteria tinggi sedangkan  kelas kontrolsebesar 0,59 kriteria sedang. Halini menunjukkan bahwa praktikumkonfrontatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistempencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 8 Pontianak.Kata kunci : Konfrontatif, hasil belajar,sistem pencernaan.This study  aims to determine the practical applicationof confrontational forward student learning oufcomes in the digestifive system of the material in eight grade ofjunior high school Pontianak. The form of this study is quasy experimentaldesigh with the design of noh – equivalent control group design. The studysample was VIII B graders and graders VIII C. The instrument used was form of essaytest learning out comes consisting of tten questions. Data analysis showed student learning was significant differencesbetween the experimental class and the control class with average score of learning outcomesin the classroom is 23,62 , higher than the control class is 20,18. The calculation of grade N.Gain 0,74eksperimental class high oriteria of 0,59 while the control class criteriabeing based. For that showabout practicalapplication of confrontational canbe develoved the result study  forwardstudent learning  oufcomes in thedigestifive system of the material in eight grade of junior high schoolPontianak.Key Word: confrontational, resultlearn, digestifive system.

Copyrights © 2013