Jurnal Pedagogi
Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Pedagogi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA

Susanti, Meli ( PGSD )
Taruna, Riyanto M ( PGSD )
Rohani, Cut ( PGSD )



Article Info

Publish Date
03 Jun 2015

Abstract

The problem in this study was the low IPS learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung year 2014/2015. The purpose of this study was to determine the effect of jigsaw cooperative learning model on IPS  learning outcomes of the fifth grade students of SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung year 2014/2015. The method used in this research was quantitative method and the type of research was a quasi experimental study with one-group pretest-posttest design. Data were analyzed by using pretest and  posttest scores and the  influence of  jigsaw cooperative learning model on learning outcomes was  tested by using regression test and obtained values of R Square was 0.519 or 51.9%. Based on these results it can be concluded that there is a influence of cooperative learning model jigsaw type on IPS learning outcomes.Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif  tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Data dianalisis dengan menggunakan skor pretest dan posttest dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar diuji menggunakan uji regresi dan diperoleh nilai R Square 0,519 atau 51,9%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPS.Kata kunci: jigsaw, hasil belajar IPS, siswa    

Copyrights © 2015