Jurnal PG-PAUD
Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Anak

PENGARUH AKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK


Dayana, Morgi, BS Jaya, M Thoha, Haenilah, Een Yayah



Article Info

Publish Date
30 Jun 2015

Abstract

This study was motivated by the  fact that there was some children who are emotionally underdeveloped in according to stages of development. The purpose of this study was to determine the effect of learning activity with collaborative methods learning toward social emotional development of children aged 5-6 years. The research was used ex post facto method. Samples in this research were 26 children, with full sampling technique. Data was analyzed by using simple linear regression which have been tested by prerequisite test analysis table. The result showed that collaborative learning method improve children social emotional development by one to two social emotional developments in one day.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ada di sekolah yaitu terdapat beberapa anak yang perkembangan social emosionalnya kurang berkembang sesuai tahap perkembangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas pembelajaran dengan metode collaborative learning terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian ex post facto. Sampel pada penelitian ini berjumlah 26 anak dengan menggunakan teknik sampling penuh. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu regresi linier sederhana yang terlebih dahulu menggunakan uji prasayarat berupa uji analisis tabel. Hasil penelitian membuktikan bahwa aktivitas pembelajaran dengan metode collaborative learning meningkatkan perkembangan sosial emosional anak sebesar satu sampai dua perkembangan sosial emosional dalam satu hari.Kata Kunci: belajar, collaborative learning, sosial dan emosional


Copyrights © 2015







Original Source : http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/9268
Google Scholar : Check in googleschoolar