Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2014: Proceeding Seminar Hasil Penelitian LPPM 2014, 6 September 2014

Manajemen Strategi Pelaku Wirausaha Olahan Carica (Carica In Syrup) Dalam Pengembangan Usaha Produk Unggulan di Kabupaten Wonosobo

Budiningsih, Sulisyani ( Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jl Raya Dukuhwaluh PO Box 202 Purwokerto )
Utami, Pujiati ( Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jl Raya Dukuhwaluh PO Box 202 Purwokerto )



Article Info

Publish Date
06 Sep 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi rantai pasok Carica in Syrup di Kabupaten Wonosobo dan menyusun konsep manep manajemen startegi pelaku wirausaha Carica in Syrup di Kabupaten Wonosobo. Metode penelitian dilakukan secara survey.Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sengaja (Purposive Sampling) karena homogenitas sebagai pelaku wirausaha olahan carica yang sudah menggeluti usaha selama lebih dari 10 tahun  dan jumlah sampel diambil dengan cara tidak proporsional, yaitu sampel ditetapkan sebanyak 15 pelaku wirausaha olahan carica. Pengambilan sampel petani pembudidaya buah carica ditetapkan secara sengaja (Purposive Sampling) sebanyak 10 petani serta pelaku rantai pasok olahan carica sebanyak 2 orang, Informan kunci diambil 2 orang tokoh masyarakat yang sekaligus sebagai pelaku wirausaha olahan carica. Manajemen Strategi Wirausaha Carica in syrup dianalisis dengan Analisis SWOT.  Hasil analisis menunjukkan pola saluran pemasaran I yang paling banyak dipilih petani pembudidaya carica  disebabkan mereka tidak perlu repot menjual buah carica ke wilayah Kecamatan Mojotengah, akan tetapi melalui pedagang pengepul.  Margin pemasaran pola saluran pemasaran I lebih besar daripada pola saluran pemasaran II, hal ini disebabkan pada pola saluran I lebih banyak lembaga pemasaran yang terlibat dibandingkan dengan pola II.  Farmer share tertinggi  pada pola saluran pemasaran  II, karena lembaga pemasaran yang terlibat pada pola saluran pemasaran II lebih sedikit dibanding pola saluran pemasaran I. Manajemen strategi pelaku wirausaha carica in syrup dilakukan dengan memaksimalkan potensi atau kekuatan yang dimiliki guna meraih peluang yang ada secara optimal yaitu adanya semangat dan pengalaman wirausaha carica in syrup yang didukung potensi sumberdaya lokal sebagai kekuatan dalam mewujudkan diversifikasi produk olahan carica in syrup.  Kata Kunci : Manajemen, Strategi, Olahan Carica, Pengembangan

Copyrights © 2014