Euclid Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2015): Euclid, Vol. 2 No. 1 Januari 2015

Uji Komparasi Antara Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa yang Berasal Dari Lulusan Sma IPA dan Bukan IPA Pada Mata Kuliah Kalkulus III Di Unswagati Cirebon

Ferdianto, Ferry (Unknown)
., Setiyani (Unknown)
Maharani, Anggita (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2015

Abstract

Abstrak Menurut National Council Teacher Matematics (NCTM, 2000: 67) matematika merupakan ilmu penalaran yang tersusun secara hierarki sehingga untuk dapat mempelajari matematika diperlukan kontinuitas. Jika ditinjau dari aspek kurikulum sekolah menengah, kurikulum matematika untuk kelompok SMA IPA sangat menunjang kurikulum pada prodi pendidikan matematika di Perguruan Tinggi. Namun tidak demikian dengan kurikulum SMA yang bukan IPA apalagi kurikulum SMK dengan berbagai kelompok bidang keahlian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis mahasiswa antara lulusan SMA IPA dan SMA bukan lulusan IPA pada mata kuliah kalkulus III di Unswagati Cirebon. Hasil penelitian yang ditunjukkan bahwa kedua varian homogen dan data kedua sampel berdistribusi normal, hasil analisis menggunakan uji T diperoleh nilai sig. 0,236 yang artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata kemampuan penalaran matematis antara lulusan SMA IPA dan lulusan SMA bukan IPA, hal ini diperkuat pada Tabel Group Statistics, terlihat rata-rata untuk kelas eksperimen I adalah 65,66 dan kelas eksperimen II sebesar 59,74. Artinya bahwa rata-rata kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II tidak jauh berbeda. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Uji perbedaan, Mata Kuliah Kalkulus III.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

EUCLID

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal matematika dan pendidikan matematika yang terbit setiap 6 bulan sekali, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) ...