Jurnal Kebijakan Publik
Vol 1, No 01 (2010)

IMPLEMENTASI POLA PERENCANAAN KOMUNIKASI IKLAN PEMERINTAH DAERAH PROPINSI RIAU




Article Info

Publish Date
28 Nov 2012

Abstract

Tujuan dari penilitian ini adalah untuk meneliti perencanaan komunikasi iklan yang bidangpemerintahan di Propinsi Riau. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif melaluisuatu studi kasus. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan tehnik porposivesampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancaramendalam, observasi dan dokumentasi. Semua aktivitas komunikasi dari pemerintah Propinsi Riauditangani oleh Bagian Hubungan Masyarakat. Iklan-iklan itu digunakan untuk mempromosikan kebijakandi bidang pemerintahan, program kerja dan juga beberapa kejadian yang dikerjakan oleh pemerintah.Iklan-iklan di bidang pemerintahan dapat ditemukan di dalam papan reklame dan media massa sepertitelevisi, radio, surat kabar, suara pembaca, situs web dan sebagainya. Iklan-iklan di bidang pemerintahantidak dirancang sembarangan karena iklan tersebut banyak memberikan aspek pengaruh kepadalingkungan masyarakat. Pengaruh utama dalam perencanaan iklan adalah pola-pola kerja dari aparaturdan program kerja kepala daerah. Oleh karena itu, masih terlihat kebanyakan masyarakat yang kurangmenghiraukan media iklan yang disampaikan oleh pemerintah dalam upaya memberikan informasikepada masyarakat.

Copyrights © 2010