Jurnal Pedagogi
Vol 2, No 7 (2014): Jurnal Pedagogi

HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS

Jayantri, Ysiyar (Unknown)
Rohani, Cut ( PGSD )
Loliyana, Loliyana ( PGSD )



Article Info

Publish Date
22 Apr 2015

Abstract

The problem in this study was the low achievement of social studies  subject of the student, family and school environments that lack support in the learning process of students of class V SD Negeri 1 Kali Balau Kencana Bandarlampung. This study aimed to determine the correlation between the family and school environment and social studies learning achievement of students of class V SD Negeri 1 Kali Balau Kencana Bandarlampung, and the data was analyzed using Product Moment Correlation formula. The results of data analysis showed that (1) there was a significant correlation between family environment and social studies learning achievement with correlation coefficient of 0.640, (2) there was a significant correlation between the school environment and social studies learning achievement with correlation coefficient of 0.837, (3) there was a significant correlation between family environment and school environment and social studies learning achievement with coefficient of 0.897.Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS siswa, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah yang kurang mendukungnya proses pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kali Balau Kencana Kota Bandarlampung Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Kali Balau Kencana Kota Bandarlampung, serta analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,640, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,837, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi sebesar 0,897.Kata kunci : lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, prestasi belajar IPS.   

Copyrights © 2014