JSME MIPA UNIMA
Vol 2, No 6 (2014): Fisika

Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Dalam mengatasi Masalah Miskonsepsi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis

Kumajas, Marthen (Unknown)
Windia, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2014

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meminimalisasi miskonsepsi siswa serta untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran fisika. setelah diajarkan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IX SMP Negeri 3 Tondano Tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 23 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan bentuk pretes-postes one group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif untuk data miskonsepsi dan analisis statistik uji-t untuk mengetahui hasil belajar siswa, sebelum uji-t dilakukan maka terlebih dahulu diawali dengan pengujian persyaratan analisis yaitu uji normalitas data dengan menggunakan chi kuadrat. Dari hasil penelitian ini didapatkan data rata-rata miskonsepsi siswa yaitu 84,3% sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan menurun menjadi 38,7%, serta rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 3,41 sebelum diberikan perlakuan menjadi 7,04 setelah diberikan perlakuan. Pada analisis infrensial dengan menggunakan uji-t menunjukkan thitung =18,46> ttabel =1,717. Ini berarti miskonsepsi pada siswa sudah bisa diminimalisasi serta pada hasil belajar siswa juga menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan atau dengan kata lain Ho : μA ≠ 0 diterima. Kata kunci : metode demonstrasi, miskonsepsi, hasil belajar. AbstractThis research was conducted with the aim to minimize misconceptions experienced by students as well as to determine the success of the learning process of physics students on the subject of dynamic electricity after taught using demonstration method. The research was conducted in class IX SMP Negeri 3 Tondano academic year 2013/2014 the number of 23 students. The study design used was a pre experimental design with pretest-posttest form one group design. The data analysis technique used is descriptive analysis techniques for data and statistical analysis misconceptions t-test to determine student learning outcomes, the t-test conducted before the first begins with the testing requirements of data analysis is the normality test using the chi squared. From the results of this study, the average data misconception that 84.3% of students before and after a given treatment given treatment decreased to 38.7%, and the average student learning outcomes increased from 3.41 before treatment be given after 7.04 given treatment. In infrensial analysis using t-test showed tcount = 18.46> ttable = 1.717. This means that the students have misconceptions can be minimized as well as the learning outcomes of students also showed a significant difference between student learning outcomes before and after the treatment, or in other words Ho : μA ≠ 0 is received. Keywords : method demonstrations , misconceptions , learning outcomes. 

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jsme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian skripsi dan atau hasil penelitian dosen di lingkungan FMIPA Unima. Nama-nama penulis dalam artikel hasil penelitian skripsi terdiri dari mahasiswa, pembimbing I, dan pembimbing II. Lingkup substansi meliputi: 1) Ilmu-ilmu eksakta yakni: Matematika, Biologi, ...