KAPAL Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan
Vol 12, No 1 (2015): Februari

DESAIN KAPAL LCU TNI-AL MENGGUNAKAN METODE OPTIMISASI

Hasanudin, Hasanudin ( Institut Teknologi Sepuluh Nopember )



Article Info

Publish Date
24 Feb 2015

Abstract

Landing Craft Utility (LCU) mempunyai peranan yang penting bagi Tentara Nasional Angkatan Laut (TNI-AL) digunakan sebagai kapal amphibious mendaratkan: pasukan, logistik dan kendaraan. Desain  LCU TNI-AL mengunakan metode optimasi belum pernah dilakukan, desain kapal umumnya menggunakan metode spiral design yang berlangsung beberapa putaran secara manual yang membutuhkan waktu yang lama dan seringkali tidak mencapai hasil yang optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut dalam makalah ini digunakan metode Non Linier Constrains Optimization sehingga perlu satu putaran untuk menyelesaikannya yaitu pada tahap preliminary design. Pemodelan optimasinya dilibatkan ukuran utama dan hull form secara bersamaan sehingga tidak diperlukan pembuatan lines plan. Variables yang dicari adalah ukuran utama dan propulsi kapal; constrains adalah ukuran utama, rasio ukuran utama, stabilitas dan propulsi; objective functions adalah meminimalkan biaya pembanguan.  Dari hasil perhitungan didapatkan Landing Craft Utility yang optimal adalah: bentuk round bilge, Lpp=46,76m, B=9,63m, T=2,56m, H=4,63m, dan Vs= 11knot.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

KAPAL

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences

Description

KAPAL : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Kelautan merupakan jurnal ilmiah nasional berkala yang telah terakreditasi Kemenristekdikti No. 34/E/KPT/2018 sebagai media untuk mempublikasikan hasil penelitian bagi para akademisi, peneliti maupun praktisi di bidang teknik perkapalan pada khususnya ...