Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 12 (2016): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Penggunaan Metode Eksperimen Pada Kelas V SD Inpres 2 Lontio


Munawar, Munawar ( FKIP UNTAD )



Article Info

Publish Date
23 Feb 2015

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sifat-Sifat Cahaya. Pembelajaran menggunakan Metode Eksperimen pada siswa kelas V SD Inpres 2 Lontio. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus yang dikembangkan oleh Kurt Lewin. Data dikumpulkan melalui observasi, tes akhir, tindakan, wawancara, dan lembar penilaian sikap. Penilaian pada siklus I menunjukkan bahwa dari 18 siswa terdapat 5 siswa yang tidak memenuhi KKM (65) atau prosentase klasikal 72 %. Sementara pada siklus II terdapat 18 siswa tuntas atau ketuntasan secara klasikal 100 %. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Inpres 2 Lontio. Kata Kunci: Hasil Belajar, Sifat-sifat cahaya, Metode Eksperimen


Copyrights © 2015







Original Source : http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3741
Google Scholar : Check in googleschoolar