S2 Pendidikan Ekonomi
Vol 3, No 2 (2014)

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI BERDASARKAN INTERAKSI SOSIAL TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013 (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tawangmangu)


Unteyana Dhewi, Neneng, Sulistyadi, Kohar, Sawiji, Hery



Article Info

Publish Date
09 Dec 2014

Abstract

Salah satu masalah pendidikan yang dihadapi adalah metode pembelajaran yang kurang tepat dan kurangnya interaksi sosial diduga merupakan variabel yang memiliki hubungan dengan prestasi belajar siswa. Diperlukannya metode pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Student Teams Achievement-Divisions (STAD).Tujuan penelitian untuk mendapatkan: 1) perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan metode pembelajaran ceramah terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi 2) perbedaan yang signifikan interaksi sosial  tinggi dan  interaksi sosial rendah terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi 3) interaksi metode pembelajaran dengan interaksi sosial terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tawangmangu Tahun Pelajaran 2012/ 2013.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi-eksperimen). Populasinya semua siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tawangmangu. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel 60 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner dan tes prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan sel sama .Hasil penelitian: 1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok metode kooperatif tipe STAD dengan kelompok metode pembelajaran ceramah terhadap prestasi belajar dengan signifikansi 0,000 < 0,05.  2) terdapat perbedaan yang signifikan antara interaksi sosial tinggi dengan interaksi sosial rendah terhadap prestasi belajar dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 3) terdapat interaksi metode pembelajaran dengan interaksi sosial terhadap prestasi belajar dengan signifikansi sebesar 0,012 < 0,05. Dengan demikian hasil penelitian dengan metode STAD lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan metode ceramah dan interaksi sosial berpengaruh terhadap prestasi belajar.


Copyrights © 2014






Download : Full PDF (353.823 KB)
Original Source : http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2ekonomi/article/view/5235
Google Scholar : Check in googleschoolar