Jurnal Pedagogi
Vol 1, No 4 (2013): Jurnal Pedagogi

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT SENTENCE


Jayanti, Endang Sri, Suwarjo, Suwarjo ( PGSD ) , Rachmah S, Siti ( PGSD )



Article Info

Publish Date
03 Jul 2013

Abstract

This type of research is descriptive qualitative research class action that has four stages: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. Data collection in this study using the instrument in the form of sheets observation of teacher performance, tests students writing skills, study documentation and interviews with classroom teachers. Analysis using qualitative analysis to analyze the performance of teachers and quantitative analysis to analyze the learning outcomes of the test. The results showed that the use of models in teaching Concept Sentence Indonesian elementary school classroom VA N 2 Langkapura can improve students writing skills narrative paragraphs.Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif melalui penelitian tindakan kelas yang memiliki empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi kinerja guru, tes keterampilan menulis siswa, dokumentasi pembelajaran serta wawancara dengan guru kelas. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif untuk menganalisis kinerja guru dan analisis kuantitatif untuk menganalisis hasil belajar dari tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Concept Sentence dalam pelajaran Bahasa Indonesia kelas VA SD N 2 Langkapura dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf narasi siswa.Kata Kunci      : keterampilan menulis, model Concept Sentence


Copyrights © 2013







Original Source : http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1708
Google Scholar : Check in googleschoolar