Jurnal Pedagogi
Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Pedagogi

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK

Hardiyanto, Rimbawati Hesti (Unknown)
Ambarita, Alben ( Lampung University )
Hamdan, Yulina ( Lampung University )



Article Info

Publish Date
19 May 2014

Abstract

The aims of research were to increase activity and study result with implementation of contextual approach. The method of research was Classroom Action Research that  consist of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of data collection used observation sheet and test. Qualitative and quantitative technique were used to analyze data. Implementation of contextual approach can improve the activity of thematics learning and study result of cognitive, affective, and psychomotor.Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa.Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, pendekatan kontekstual.

Copyrights © 2013