Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E

Safithri, Emaliya (Unknown)
Kadaritna, Nina (Unknown)
Rosilawati, Ila (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2013

Abstract

The aimed of research was to describe the increase of communicating skills and mastery of concept on acid-base material on Learning Cycle 5E model.  Quasi experimental method was used in this research, with Non-Equivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design.  The population of this research was students of XI science SMAN 1 Kotaagung, Tanggamus, with XI science 1 class and XI science 2 class as samples.  The increase of communicating skills and mastery of concept measured base on the difference of a significant normalized gain (n-Gain).  The results show that mean value of n-Gain communicating skills in experimental class and control class ware 0.81 and 0.71;  and mean value of n-Gain mastery of concept in experimental class and control class ware 0.68 and 0.45.  Based on hypotesis testing used t-test, it was conclude that Learning Cycle 5E model could increase communicating skills and mastery of concept.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengkomunikasi-kan dan penguasaan konsep pada materi asam-basa melalui model Learning Cycle 5E.  Pe-nelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-Equivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kotaagung, Tanggamus dengan kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA2 sebagai sampel.  Peningkat-an keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan.  Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,81 dan 0,71; serta re-rata n-Gain penguasaan konsep untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,68 dan 0,45.  Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep.Kata kunci:  keterampilan mengkomunikasikan, model pembelajaran Learning Cycle 5E, penguasaan konsep.

Copyrights © 2013