Jurnal Pendidikan Matematika Unila
Vol 1, No 5 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Hakim, M. Albert (Unknown)
Caswita, Caswita (Unknown)
Asnawati, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2013

Abstract

This quasi experimental research aims to know the influence of cooperative learning model type TPS towards student’s mathematical conceptual understanding. The population is eight grade students of state junior high school 10 Bandar Lampung in academic years 2012/2013 that consist of 270 students and distributed into six classes. The samples are students of two classes that are choosen by using purposive sampling technique. The research uses a posttest only control design. The instrument of this research is essay test of mathematical conceptual understanding. Based on data analysis results by using t-test, it is concluded that student’s mathematical conceptual understanding with cooperative learning model type TPS is better than conventional learning.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 207 siswa dan terdistribusi dalam 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa pada dua kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Instrumen penelitian berupa soal pemahaman konsep yang berbentuk esay. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji-t disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, pemahaman konsep matematis, pengaruh, think-pair-share

Copyrights © 2013